Minggu, 28 April 2019

Kenali SEPAK TAKRAW Lebih Dekat!

Hai hai haii!! kembali lagi dengan aku. Nah sekarang aku bakalan membahas tentang salah satu cabang olahraga terfavorit aku, bisa dibilang langka tapi sekarang sudah berkembang. Nah cabang olahraga tersebut adalah SEPAK TAKRAW. Apakah cabor ini terdengar asing di telinga kalian? Jika iya tenang saja, aku bakalan mengenalkan cabor ini kepada kalian.


Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Permainan ini berasal dari zaman Kesultanan Melayu (634-713) dan dikenal sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu. Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk setengah lingkaran.

Catatan sejarah terawal tentang sepak raga terdapat dalam sejarah Melayu. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 - 1477), seorang puteranya bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karena membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga. Raja Ahmad kemudian diangkat menjadi Sultan di Pahang, bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah. Di zaman kesultanan Melayu, tepatnya di sekitar abad ke-15, sepak takraw dimainkan untuk pertama kalinya dalam sejarah. Namun saat itu olahraga ini belum bernama sepak takraw, melainkan sepak raga.

     

Pada sekitar tahun 1940-an hal ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. Di Filipina permainan ini disebut sipa, di Burma chinlone, di Laos maradong, dan di Thailand takraw.
Nama sepak takraw sendiri diambil dari bahasa Melayu dan bahasa Thailand. Kata “sepak” berasal dari bahasa Melayu yang artinya menendang. Sedangkan untuk kata “takraw” berasal dari bahasa Thailand yang artinya bola yang dianyam. Penentuan nama tersebut tentu dikarenakan hasil kesepakatan dari kedua daerah yang menemukan olahraga ini, yaitu Malaysia dengan Thailand. Dari kedua negara tadi, permainan olahraga ini saat ini sudah menyebar ke berbagai negara. Pada tahun 1970-an, olahraga sepak takraw ini mulai masuk ke wilayah-wilayah di Indonesia. Olahraga sepak takraw ini dibawa oleh bangsa Malaysia dan Singapura yang sedang berkelana ke negara Indonesia ini. Namun biarpun begitu, permainan sepak takraw ini juga sebenarnya sudah dikenal oleh bangsa Indonesia sejak dulu. Hanya saja, sepak takraw di Indonesia kala itu hanya sebatas permainan tradisional saja. Sejak kedatangan bangsa Malaysia dan Singapura yang membawa masuk permainan ini ke Indonesia, olahraga sepak takraw ini mulai banyak diminati. Di Sulawesi dan Sumatera lah sepak takraw paling cepat berkembang. Induk olahraga sepak takraw di Indonesia sendiri terlahir pada tahun 1971. Organisasi yang menjadi induk olahraga ini bernama PERSERASI yaitu Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia yang kini sudah diganti menjadi PSTI yaitu Persatuan Sepak Takraw seluruh Indonesia. 


Teknik Dasar dalam permainan Sepak Takraw

Dalam segala jenis permainan apapun dibutuhkan sebuah kemampuan dan ketrampilan yang sangat baik. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya sebuah kemampuan dasar dalam bermain sepak takraw. Menurut seorang ahli yang bernama Ratinus Darwis seorang Penghulu Bahasa ( 1992 : 15 ) menyebutkan bahwa tanpa menguasai dari teknik dasar atau kemampuan dasar, maka  perminan sepak takraw tidak akan bisa dimainkan dengan baik. Agar bisa melatih sebuah penguasaan dalam taktik dan teknik permainan sepak takraw harus mengikuti panduan gerakan dari yang paling mudah hingga gerakan yang sulit untuk dilakukan.

Teknik Dasar yang dilakukan dalam permainan sepak takraw di antaranya  :


1. Sepak Sila

Sepak sila merupakan sepakan dengan menggunakan kaki bagian dalam, berfungsi untuk mengontrol bola serta memberi umpan kepada teman. cara melakukannya yaitu berdiri dengan satu kaki. Kaki yang digunakan untuk menendang diangkat se-paha dengan lutut yang dibengkokkan ke samping. Kemudian Bola ditendang menggunakan kaki bagian dalam. Pada waktu menendang, tungkai kaki digerakkan dari bawah ke atas dan dikeraskan. Pandangan ke arah bola dan sasaran.

2. Sepak Kuda

Sepak kuda merupakan sepakan dengan menggunakan punggung kaki, berfungsi untuk mengontrol bola rendah serta melakukan serangan. Cara melakukannya yaitu berdiri menggunakan satu kaki dengan sedikit menekuk kaki tumpuan. Mengangkat lurus kaki yang digunakan untuk menendang  di depan badan setinggi pinggul. Kemudian Bola ditendang menggunakan punggung kaki. Ketika menendang, punggung kaki diluruskan dengan gerakan mendorong ke arah depan dengan kuat.

3. Sepak Telapak Kaki

Sepak telapak kaki merupakan sepakan menggunakan telapak kaki yang berpusat pada kekuatan pergelangan kaki. Sepakan ini  untuk menjangkau bola tinggi di dekat net serta menahan serangan lawan. Cara melakukannya yaitu berdiri dengan satu kaki serta kaki yang satunya diluruskan di depan badan dengan telapak kaki yang mengarah ke bola.Ketik menendang bola, telapak kaki pemain  mendorong bola takraw ke arah depan.Pandangan diarahkan ke arah bola dan sasaran ke arah daerah pertahanan lawan.

4. Teknik Menyundul Bola 

Menyundul bola dengan kepala bagian depan, berfungsi untuk mengumpan bola kepada teman untuk melakukan serangan kea rah lawan. Cara melakukannya yaitu berdiri tegap dengan sikap kuda-kuda. Mencondongkan badan  ke belakang kemudian meletakkan tangan di samping badan dengan siku membengkok.Sundul bola menggunakan kepala bagian depan. Ketika menyundul, badan digerakkan ke arah depan. Pandangan menuju arah bola dan sasaran pada daerah pertahanan lawan.

5. Teknik Menahan Bola

Menahan serangan bola yang datang dari lawan bisa dilakukan dengan dada dan paha.

a. Menahan Bola dengan dada

Adapun caranya yaitu berdiri dengan sikap kuda-kuda. Badan dicondongkan ke arah belakang sambil membusungkan dada. Saat badan mengenai badan, badan dikeraskan serta didorong ke depan sehingga bola terpantul dengan baik. Pandangan diarahkan menuju bola dan sasaran

b. Menahan Bola dengan Paha

Bola bisa ditahan dengan paha jika datangnya bola setinggi perut atau pinggang. Adapun cara melakukannya yaitu berdiri menggunakan satu kaki dengan lutut sedikit ditekuk. Kaki yang lain diangkat dengan paha yang naik ke atas untuk menahan bola. Menahan bola menggunakan paha bagian atas. Pandangan ke arah bola dan sasaran ke arah daerah pertahanan lawan.

Teknik khusus yang harus di kuasai dalam bermain sepak takraw

Selain beberapa teknik dasar yang telah di jelaskan di atas. Permainan sepak takraw juga harus mampu menguasai teknik khusus. Tanpa adanya teknik khusus yang dimiliki pemain sepak takraw tidak bisa di kuasai dengan baik dan sempurna. Teknik khusus ini di lakukan dengan cara bermain sepak takraw. Teknik khusus ini sangat memiliki peran penting dalam sebuah permainan  karena apabila sudah mampu mengasai bola langkah apa yang harus di lakukan agar mampu menghasilkan angka atau poin sebanyak – banyaknya.  Kemampuan yang dimaksud dengan menggunakan teknik khusus dalam sebuah permainan sepka takraw yaitu :

  • Melakukan Sepak mula ( servis )
  • Mampu menerima sepak mula ( servis )
  • Mampu mengumpan
  • Melakukan smash
  • Melakukan Block / Menahan


Selain teknik dasar dan teknik khusus yang perlu dikuasai oleh pemain atau atlet sepak takraw,  sarana prasarana dan peraturan permainan dalam permainan sepak takraw pun perlu diketahui dan dipahami. Berikut penjelasannya.

1. Lapangan Sepak Takraw 
Ukuran Lapangan Sepak Takraw

  • Lapangan berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran Panjang 13,4 meter dan Lebar 6,1 meter. 
  • Terdapat lingkaran di tengah lapangan yang berfungsi sebagai tempat servis takraw dengan ukuran jari-jari 30 cm. 
  • Garis seperempat lingkaran di setiap penjuru tengah lapangan berfungsi sebagai tempat untuk memberikan umpan servis dengan ukuran jari-jari 90 cm. 
  • Apabila permainan dilakukan di dalam ruangan, tinggi minimal loteng atau atap adalah 8 meter dari lantai. 
  • Empat sisi lapangan harus bebas dari hambatan sekurang-kurangnya 3 meter.
  • Garis pinggir ditandai dengan cat, kapur atau line paper dengan lebar 4 cm, diukur dari pinggir sebelah luar.


2. Tiang dan Net 

  • Tinggi net putra 1.55 meter di pinggir dan minimal 1.52 meter di tengah. 
  • Tinggi net putri 1.45 meter di pinggir dan minimal 1.42 meter di tengah.
  • Kedudukan tiang 30 cm dari garis pinggir.
  • Net terbuat dari tali, benang atau nilon yang lubangnya berukuran 6-8 cm.
  • Panjang net tidak lebih dari 6.11 meter dan lebar 70 cm. 
  • Kedua ujung net ditandai dengan pita ukuran 5 cm, ditarik dan dikaitkan pada tiang.


3. Bola 
Bola Sepak Takraw

  • Bola berbentuk bulat, dibuat dari rotan atau plastik sintetis (synthetic fibre). 
  • Berat bola antara 170-180 gram untuk putra, dan 150-160 untuk putri. 
  • Lingkaran keliling bola 42-44 cm untuk putra dan 43-45 untuk putri terdiri dari 9-11 anyaman (strains) dan mempunyai 12 lubang. 


4. Pemain 
Nama dan Susunan Pemain Sepak Takraw

  • Dimainkan oleh dua regu, masing-masing dimainkan oleh tiga orang, yang dilengkapi satu orang cadangan. 
  • Satu tim terdiri dari tiga regu, jumlah pemain dalam satu tim tidak lebih dari 12 orang.
  • Pemain yang berdiri di belakang disebut tekong dan pemain depan disebut apit (apit kiri dan kanan).


Peraturan Permainan Sepak Takraw 

Aturan permainan Sepak Takraw dijelaskan dalam peraturan permainan sepak takraw ISTAF Tahun 2011, yaitu sebagai berikut:

  • Regu yang memilih Sepak Mula pada waktu undian akan memulai permainan pada set pertama, pemenang set pertama akan memulai permainan pada selanjutnya.
  • Pelambung harus segera melambungkan bola begitu wasit menyebut angka. 
  • Jika pemain mendahuluinya, maka lambungan harus diulang dan pemain tersebut diberi peringatan. 
  • Servis dinyatakan sah jika bola telah melewati net, baik menyentuh ataupun tidak dan jatuh di lapangan lawan.
  • Pelaksanaan servis oleh tekong boleh berbagai cara, asal satu kakinya berada tetap dalam lingkaran. 
  • Angka diberi kepada regu yang dapat mematikan bola di daerah lawan.
  • Angka kemenangan untuk satu set adalah 15 angka, apabila terjadi 14 sama maka untuk mencapai kemenangan harus selisih dua angka dan angka terakhir adalah 17, dengan sistem 3 set kemenangan.
  • Servis dilakukan tiga kali berturut-turut oleh tiap regu dan bergantian, apabila terjadi duice (14-14) maka servis dilakukan oleh regu yang mendapatkan point. 
  • Dalam pertukaran tempat ( istirahat tiap set masing-masing diberikan waktu untuk istirahat 2 menit). 
  • Jika kedua regu memenangkan dua set, maka kemenangan ditentukan oleh hasil tie break, dengan angka 15 angka, apabila terjadi angka 14 sama maka untuk mencapai harus selisih dua angka dan angka terakhir adalah 17. 
  • Sebelum set tie break, wasit melakukan undian yang memenangkan undian melakukan servis pertama.
  • Pergantian tempat pada set tie break jika salah satu regu mencapai point angka 8.

Nah, itu yang dapat aku jelasin tentang sepak takraw. Bagi kalian yang tertarik dan ingin mengisi waktu luang atau menghibur diri tidah ada salahnya untuk bermain sepak takraw bersama teman - teman. Beberapa teknik di atas bisa kalian terapkan agar bisa bermain dengan baik. Sekian dari aku, terimakasih. HAVE A NICE DAY!


22 komentar:

  1. Nambah wawasanKu tentang takraw ni, mantap" bacanya juga gk bosen serius ni🤓🤓

    BalasHapus
  2. Pengen berubah profesi jadi atlet takraw

    BalasHapus
  3. Sepak takraw emng paling keren��

    BalasHapus